Blog

Tanaman Buah Durian Monthong

Tanaman Buah Durian Monthong – buahnya lebih besar, rasanya manis, daging buah tebal, serta aromanya harum

Durian Montong adalah jenis durian yang sangat terkenal khususnya di Indonesia. Buah durian montong selalu dibru oleh para pecinta durian. Tanaman buah yang memiliki nama latin Durio sp ini adalah salah satu varietas buah durian unggulan yang berasal dari Thailand. Durian Monthong  mempunyai rasa manis yang istimewa dengan daging buahnya yang juga relatif tebal. durian montong dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama sebab dipanennya dalam kondisi belum matang benar atau mangkal dan bentuk dagingnya pun nampak kokoh. Buah Durian Monthong dikenal mempunyai aroma harum yang khas walau kulitnya belum dikupas. Durian Montong memilki ukuran yang lebih besar dengan daging buahnya yang lebih tebal dibandingkan jenis durian lainnya. Tidak heran jikalau buah durian montong dijuluki sebagai raja buah-buahan, bahkan durian montong juga dijuluki rajanya durian.

Ciri-ciri buah Durian Montong telah matang sempurna diantaranya adalah buah mengeluarkan bau harum, ujung buah berwarna coklat tua, garis-garis diantara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah bengkok. Selain itu ruas-ruas tangkai buah juga membesar dan terdengar bunyi kasar atau bergema jika buah dipukul.

Tanaman buah durian montong merupakan salah satu jenis durian yang sangat populer di Indonesia. Durian montong ini berumur panjang (perenial).Tanaman durian ini tergolong cukup produktif dan mampu beradaptasi di berbagai tempat. Pohon durian monthong memiliki tinggi sekitar 5–8 meter. Tajuk pohon berukuran lebar 2 sampai 4 meter. Habitus tanaman berbentuk payung atau kerucut dengan percabangan batang yang rapat. Batang pohon durian jenis ini berwarna kecoklatan. permukaannya halus dan berbentuk bulat. Bunga durian monthong memiliki warna putih kekuningan yang berkelompok dalam tandan. Sekitar 1–16 kuntum bunga durian terdapat dalam satu tandan. Buah bulat atau lonjong, panjang 15 – 30 cm.  Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi, Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600M diatas permukaan air laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m dan PH tanah 6-7. Biasanya durian montong berbuah ketika ketika berumur 3-6 tahun setelah masa tanam. Cepat dan lambatnya tergantung dari perawatannya.

Demikianlah informasi tentang Tanaman Buah Durian Monthong yang dapat kami sampaikan, dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Keunggulan Durian Pelangi

Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi

Durian Pelangi berasal dari daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman durian ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti tanaman asal Sumatera Selatan bernama Karim Aristides. Beliau adalah seorang sarjana lulusan salah satu Universitas di Berlin, Jerman. Beliau pulalah yang mencetuskan nama tanaman durian tersebut sebagai Durian Pelangi. Nama tersebut sebagai ungkapan adanya keragaman warna maupun rasa yang terdapat pada durian unik ini.

Buah Durian Pelangi berdaging warna warni ini sekilas dari luar nampak biasa-biasa saja, tak lebih dari durian lokal pada umumnya. Ditinjau lebih kedalam lagi, biji buahnya juga berukuran sedang, tidak berukuran kecil atau kempes. Bukan sifat-sifat dari durian unggul.

Keunggulan Durian Pelangi

Durian Pelangi atau atau yang memiliki nama latin Durio zibethinus L merupakan tanaman durian khas daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian hasil persilangan alami 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Durian pelangi Manokwari mempunyai daging buah tebal, citarasanya manis dan lezat dengan tekstur buah lembut dan agak lengket. Biji buahnya berukuran sedang. Durian ini mengandung kadar alkohol yang relatif lebih rendah dibanding durian lokal jenis unggul lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kehebatan atau Keunggulan durian pelangi Manokwari:

  • Durian Dengan Warna Paling Indah di dunia

Durian Pelangi Manokwari bagaikan mewakili keindahan pelangi dengan warna warni yang muncul bertebaran pada daging buahnya. Warna warni indah tersebut muncul karena tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian hasil persilangan alami 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Perpaduan ketiga jenis tanaman durian tersebut menghasilkan tanaman durian dengan warna buah yang berwarna warni indah bak pelangi. Yakni : merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu. Kadang daging buahnya tampil pula dalam bentuk perpaduan warna merah muda dan krem dengan semburat warna hijau di sudut bijinya (ponggenya) atau bisa juga perpaduan warna merah tua dan krem dengan semburat warna hijau di sudut ponggenya.

  • Aneka Warna Dengan Kandungan Nutrisi Yang Berbeda-beda

Salah satu keunikan Durian Pelangi Manokwari adalah tiap-tiap warna daging buahnya memiliki kandungan senyawa tertentu yang masing-masing menimbulkan efek positif yang berbeda-beda. Misalnya warna merah yang ada pada buah durian pelangi menandakan adanya senyawa antioksidan yang bermanfaat sekali untuk menangkal radikal bebas. Kemudian, warna kuning pada daging buahnya menandakan adanya senyawa Beta Karoten yang mempunyai manfaat sebagai berikut :

Mengonsumsi makanan kaya beta-karoten membuat kita memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Beta karoten dan vitamin E bekerja sama mengurangi oksidasi kolesterol Jahat (LDL) sehingga menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa Beta karoten membantu mengaktifkan kelenjar thymus. Kelenjar thymus adalah kelenjar yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan virus. Kelenjar ini juga dikenal mampu menghancurkan sel-sel kanker sebelum menyebar.

Kandungan senyawa-senyawa lainnya seperti: kalsium, potasium, dan tembaga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan persendian dan tulang serta memelihara kesehatan kelenjar tiroid. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah durian ini, Anda tak akan terserang penyakit osteoporosis karena adanya kandungan kalsium tinggi dalam buah ini. Lalu manfaat lainnya adalah menyehatkan organ pencernaan sekaligus membuat organ pencernaan bekerja lebih baik. Kandungan senyawa diatas akan mencegah Anda terserang sembelit maupun penyakit pencernaan yang lainnya.

Lebih dari itu Durian Pelangi juga mengandung senyawa-senyawa seperti: Fitosterol, Fitohormon, Kalsium dan Vitamin C, dll. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai efek kesehatan dan medis yang sangat besar. Senyawa fitosterol adalah senyawa yang mempunyai efek relaksasi pada tubuh manusia hidup. Efeknya membuat orang merasakan relaks dan merasa santai. Karena itu tidak salah juga banyak yang menyebutnya sebagai obat anti depresi. Senyawa Fitohormon dikenal didalam dunia medis sebagai zat anti aging/penuaan. Senyawa ini menjaga usia sel-sel dalam tubuh agar tetap muda. Vitamin C dikenal sebagai Vitamin yang menjaga kesehatan tubuh agar tidak gampang sakit dan tetap fit. Selain itu Vitamin C juga berfungsi sebagai senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dan mempercerah kulit.

  • Mampu hidup dan Tumbuh Baik Pada Berbagai Dataran

Tanaman durian umumnya hanya bisa tumbuh baik pada dataran rendah dan sedang saja, yaitu antara 100-500 M dpl, jika ditanam pada daerah yang lebih tinggi akan menurunkan mutu atau produksivitasnya. Pada dataran tinggi kondisi suhu sekitar juga rendah, hal tersebut juga menghambat pertumbuhan tanaman durian. Sebagaiman kita tahu durian adalah tanaman khas daerah tropis. Mereka membutuhkan banyak kehangatan dan sinar matahari khas tropis dengan suhu pertumbuhan optimalnya 20-30 derajat C. Pada suhu 15oC durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak optimal.

Nah, Tanaman Buah Durian Pelangi dikenal mampu tumbuh dengan baik pada semua bidang dataran. Baik dataran rendah, sedang maupun tinggi. Selama kebutuhannya akan bahan organik, air dan sinar mataharinya tercukupi, durian ini tak mengalami masalah berarti untuk tumbuh pada dataran tinggi.

  • Buah Berukuran Besar

Rata-rata buah durian unggul pada umumnya berbobot sekitar 1 kiloan, atau maksimal 2 kg, misalnya Durian Musangking (1-1,5 kg), Petruk (maksimal 2 kg), dll. Namun Durian Pelangi Manokwari mempunyai ukuran yang lebih besar, dengan bobot minimal 2 kg bahkan sering mencapai 3 kg bahkan lebih. Sebagaimana kita tahu, salah satu syarat penting yang harus dimiliki durian kualitas ekspor adalah ukuran dan bobotnya melewati ambang batas minimal.

  • Sangat Produktif

Tanaman Durian Pelangi adalah durian yang luar biasa produktif. Apabila Durian Montong dan Musangking rata-rata hanya menghasilkan 100 an butir atau maksimal 150 butir per pohon. Dan itupun mereka hanya bisa dipanen satu kali dalam 1 tahun. Maka Durian Pelangi Manokwari unggul jauh dibanding mereka. Selain bisa dipanen 2 kali dalam setahun, jumlah buah yang dihasilkannya berlipat-lipat jumlahnya. Durian ini total bisa menghasilkan buah antara 400-800 butir per pohon/tahun. Luar biasa bukan?

Yang lebih mencengangkan lagi, Durian Pelangi dapat menghasilkan buah sebanyak itu dalam jangka waktu sangat lama. Berapa lama? Yah sekitar 2 atau 3 kali rata-rata usia manusia Indonesia. Itu artinya sekitar 100-150 tahun.

  • Tahan Simpan

Salah satu keunggulan Durian Pelangi lainnya yang bikin keder durian tetangga adalah sifatnya yang tahan simpan. Durian Pelangi mampu bertahan 6-7 hari setelah panen tanpa perlakuan tambahan. Sebagaimana kita tahu, ketahanan durian selama masa penyimpanan adalah hal yang sangat penting yang mempengaruhi kualitas durian. Ketahanan simpan juga mempengaruhi aspek-aspek lain seperti, waktu pemanenan dan cara transportasinya. Ini penting untuk memenuhi permintaan konsumen lokal yang berada di tempat jauh atau skala ekspor. Semakin buah durian tahan simpan, semakin mudah pula penanganan pasca panennya, semakin mudah menjaga kualitas produknya dan semakin jauh pula ia bisa dikirim/diekspor.

Buah durian matang optimal biasanya maksimal tahan 2-3 hari penyimpanan setelah panen. Jika lebih dari itu biasanya telah terjadi penurunan kualitas. Baik aroma maupun citarasanya. Tak heran untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang jauh /ekspor ditempuh cara-cara khusus. Misalnya: Durian Montong Thailand yang diekspor ke AS dipanen beberapa saat sebelum matang, kemudian dibekukan sebelum ditransportasikan kesana. Dengan maksud kualitasnya tetap terjaga baik selama masa transportasi dan penyimpanan. Namun cara ini tidak serta merta membuat Durian Montong tersebut 100% mutunya terjaga. Kadang didapati konsumen disana mengeluh karena durian tidak matang optimal (baca:agak mentah), sudah busuk atau off flavour.

  • Nilai Jualnya Luar Biasa Tinggi

Bila Durian Petruk yang merupakan durian lokal jenis unggul rata-rata dihargai Rp 75.000 per butirnya. Sedangkan Durian impor Thailand Montong rata-rata Rp 120.000 per butir. Dan Durian impor Malaysia Musangking rata-rata Rp. 165.000 per butinya, berapakah harga Durian Pelangi Manokwari per butirnya? Janganlah Anda kaget. Satu butir Durian Pelangi dibanderol Rp 300.000 perbutir.

Harga jual tersebut sebenarnnya tidak mengherankan dan dirasa wajar, karena mengingat kehebatan-kehebatan Durian Pelangi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu Durian Pelangi ini jumlahnya masih sangat langka. Tentu saja secara ilmu ekonomi nilai jualnya jadi melangit.

Demikian informasi mengenai Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Budidaya Buah Naga Kuning Agar Cepat Berbuah

Buah Naga Kuning adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah Naga Kuning memiliki daging buah berwarna putih dengan biji hitam mirip dengan buah naga putih. Kulit buah berwarna kuning terang, bersisik besar dan memiliki gradasi warna hijau pada ujung sisiknya.

Jenis buah naga ini masih langka atau sangat jarang dipasaran sehingga harganya bisa dibilang cukup mahal yaitu sekitar 100 ribu/kilo. Penyebab langka dan mahalnya buah naga kuning ini yaitu karena buah naga kuning pertumbuhannya lebih lambat daripada buah naga merah atau buah naga jenis lainnya, dibutuhkan waktu paling cepat 2 tahun untuk bisa berbuah. Selain itu, perakaran buah naga kuning juga lebih sedikit dan memiliki batang yang lebih kecil, sehingga buahnya juga kecil.

Buah naga kuning juga memiliki kandungan gizi yang lebih baik dan rasa yang lebih manis dari buah naga lainnya. Hal tersebut disebabkan karena buah naga kuning memiliki kandungan sakrosa dan fruktosa yang lebih tinggi.

Cara Menanam atau Budidaya Buah Naga Kuning

Berikut ini adalah Cara Budidaya Buah Naga Kuning Agar Cepat Berbuah adalah sebagai berikut

Persiapan Bibit Buah Naga Kuning

Sebenarnya untuk membudidayakan buah naga kuning cukup mudah, hanya saja kendalanya yaitu ketersediaan bibit yang masih kurang sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan bibit petani. Untuk mempercepat pertumbuhan buah naga kuning, bisa disiasati dengan cara menyambung dengan batang jenis buah naga lain. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan cara teknik penyambungan buah naga kuning dengan posisi batang bagian bawah menggunakan buah naga jenis lain yang lebih besar dan memiliki akar banyak dan pada bagian atas menggunakan batang buah naga kuning.

Dengan menggunakan teknik penyambungan/grafting, buah naga kuning akan lebih cepat berbuah yang biasanya akan berbuah setelah satu setengah hingga dua tahun baru berbuah, dengan teknik ini buah naga sudah dapat berbuah setelah berumur 9 bulan.

Berikut teknik penyambungan buah naga kuning yang dapat dilakukan:

Pertama, ambil dua buah batang dari buah naga kuning dan buah naga jenis lain yang memilik batang lebih besar (biasanya buah naga merah). Batang bawah yang akan digunakan untuk penyambungan dipastikan sudah berakar banyak sehingga tanaman bisa langsung hidup dan berpotensi dengan hasil yang sempurna.

Kemudian, sambungkan kedua batang yang dipotong dengan sistem potong huruf L atau membentuk huruf V untuk batang atas sedangkan untuk batang bawahnya cukup dibelah.

Setelah disambung, ikat kedua batang menggunakan tali rafia atau plastik agar menempel sempurna. Setelah itu, tanam bibit tersebut dalam polybag yang telah diisi media tanam. Lalu letakkan pada tempat yang teduh atau memiliki naungan selama kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan.

Jika sudah mulai tumbuh, bersihkan semua duri yang ada pada batang bawah agar pertumbuhan tunasnya bisa fokus ke pertumbuhan tunas bagian atas atau pada batang buah naga kuning.

Persiapan Lahan Tanam Buah Naga Kuning

Pertama, bersihkan lahan lalu buatlah tiang pancang atau media rambat tanaman dari beton berbentuk segi empat atau silinder dengan diameter 10-15 cm dengan tinggi sekitar 2-2,5 meter. Media rambat tersebut disusun berbaris dengan jarak 2,5 dalam satu baris dan 3 meter antar baris dan jangan lupa buat saluran drainase dengan kedalaman 25 cm setiap antar baris.

Setelah itu, buatlah 4 lubang dengan ukuran 60x60cm dengan kedalaman 25 cm dengan posisi tiang pancang di tengah dengan jarak setiap lubang 10 cm. Kemudian, tanah hasil galian lubang dicampur dengan pasir, pupuk kompos atau pupuk kandang dan dolomit lalu aduk merata. Setelah 2-3 hari tambahkan pupuk TSP dengan cara tabur melingkar dengan jarak 10 cm dari tiang pancang lalu biarkan selama kurang lebih 1 hari.

Penanaman Buah Naga Kuning

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag bibit buah naga dengan hati-hati agar tidak merusak perakarannya. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun kembali dengan tanah galian yang telah di campur dengan pasir, pupuk kandang/kompos dan dolomit. Setelah ditanam, selanjutnya ikat bibit pada media rambatnya, jangan ikat terlalu kencang agar bibit mendapat ruang gerak dan batang tidak terluka.

Perawatan Buah Naga Kuning

Jika ada bibit yang mati atau busuk pada pangkal tanaman, rusak atau tidak tumbuh segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tanaman baru. Biasanya penyulaman dilakukan 4-6 minggu setelah bibit ditanam.

Pada fase awal pertumbuhan tanaman banyak membutuhkan pupuk yang mengandung banyak nitrogen, pada fase berbunga atau berbuah membutuhkan pupuk yang banyak mengandung fosfor dan kalium.

Pemupukan menggunakan pupuk kompos atau kandang dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan dosis per lubang 5-10 kg. Pada saat berbunga atau berbuah berikan pupuk dengan tambahan NPK dan ZK dengan dosis masing-masing 50 dan 20 gram/lubang tanam. Pemberian pupuk terus bertambah sesuai dengan ukuran tanaman.

Penyiraman dapat dilakukan denan sistem drainase pada parit diantara baris tanaman, atau bisa juga dengan menggunakan sistem irigasi tetes. Penyiraman ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari pada musim kemarau sesuai dengan kondisi tanah dan dapat dikurangi atau dihentikan pada saat tanaman mulai berbunga atau berbuah.

Selain perawatan tersebut, lakukan pula pemangkasan. Ada 3 tipe pemangkasan yang dapat dilakukan yaitu pemangkasan untuk mendapatkan batang pokok, pemangkasan untuk membentuk cabang dan pemangkasan peremajaan.

Demikianlah informasi Cara Budidaya Buah Naga Kuning Agar Cepat Berbuah semoga bermanfaat

Cara Budidaya Durian Musang king Agar Berbuah Dengan Cepat

Cara Budidaya Durian Musang king Agar Berbuah Dengan Cepat

Dalam pemeliharaan durian musangking ini tergolong mudah, tanaman ini membutuhkan proses waktu untuk berbuah lebat. Untuk cara agar durian anda berbuah lebat ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Mulai dari penanaman, perawatan, sampai pada proses pemanenan. Yang kita targetkan untuk penanaman pembesaran buah agar secara maksimal, terletak pada kesehatan tanaman yang kita budidayakan. Perawatan yang rutin dan kontrol hama dan penyakit. Untuk varietas montong juga ada beberapa jenis, walau anda memiliki bibit yang bagus namun pemeliharaan yang jelek maka percumasaja, buah yang dihasilkan akan menurun.

Buah Durian musnag king dikenal dengan tanaman musiman dan hanya berbuah di musim-musim tertentu saja. Buah durian ini sudah dikenal di penjuru dunia, dan telah menyebar di wilayah Asia Tenggara sejak sekitar 600 tahun yang lalu. Buah durian musangking merupakan buah yang memiliki rasa dan baroma yang khas dan tajam. Persebaran dan perimntaan akan Buah durian di Indonesia tergolong sangat tinggi, mulai dari buah durian lokal hingga durian import, hal ini tentunya menjadi peluang yang besar untuk anda membuat usaha budidaya. Adapun beberapa jenis durian yang sedang digandrungi saat ini adalah durian ochee, duran musangking, durian bawor, durian montong, durian merah dan durian pelangi.

Panduan Budidaya Tanaman Durian

Tanaman durian musangking akan tumbuh secara optimal pada daerah tropis pada ketinggian 50 – 1000 Dpl serta intensitas cahaya matahari 40 – 50% dengan suhu 22 – 30 o. curah hujan antara 1500 – 2500 mm pertahun, kemudian daerah itu mengalami bulan basah selama 9 – 11 bulan pertahun dan bulan kering selama 3 – 4 bulan untuk proses pembuangan. Tanah lempung berpasir subur dan memiliki kandungan bahan organik adalah tanah yang cocok bagi tanaman durian. Kemudian jenis tanah latosol, Podsolik merah kuning, adosol merupakan jenis tanah yang paling cocok bagi tanaman durian. Tekstur tanah yang berat seperti tanah liat, kurang baik bagi tanaman durian karma proses pengeringanya sangat sulit terutama pada musim hujan, kemidian pada musim kemarau tanah liat menjadi keras sehingga tanaman durian susah menyerap air dan pertumbuhan akarnya terganggu. Kemudian topografi yang baik bagi tanaman durian adalah yang agak miring tetapi tidak melebihi 35o,untuk tanah miring perlu terasiring untuk mencegah erosi. Akar tanaman durian sanggup menembus kedalam tanah hingga tiga meter, maka lokasi yang baik adalah yang memiliki kedalaman air tanah sekitar 50 – 300 cm. Lokasi yang terlalu rendah air tanahnya dapat mengakibatkan kebusukan akar. Selain dari pada itu yang perlu diperhatikan adalah pH tanah yang terkandung, pH tanah yang baik sekitar 6,0 – 7,0 jika pH tanah kurang dari nilai itu kapur dolomit dapat digunakan untuk menetralkanya.

Berikut ini beberapa cara budidaya durian Musang king agar berbuah dengan cepat:

  1. Tahap Pemilihan bibit

Langkah awal sebelum menanam adalah memiliki bibit durian musangking yang baik dengan Varietas unggul. Adapun ciri – ciri umum bibit durian musangking yang baik antara lain :  Bibit durian musangking dalam keadaan Sehat dan Segar, Bebas Hama dan Penyakit, Daunya banyak, Batangnya kokoh dan percabanganya 2 – 4 arah, Pada batang terlihat adanya perkembangan tunas-tunas baru, Keseimbangan antara tinggi tanaman dengan jumlah daun.

  1. Penanaman Bibit

Persiapan awal dalam penanaman bibit terlebih dahulu lahan dibersihkan dari tanaman lain yang kira – kira mengganggu sinar matahari, karena tanaman durian sangat membutuhkan sinar matahari penuh untuk pertumbuhanya. Jarak tanaman yang ideal adalah dengan ukuran 10 x 10 m atau batas minimal jarak penanaman 8 x 8 m. Dengan pola jarak tanam ini maka tanaman tidak saling berebut unsur hara, penyebaran penyakit tidak mudah menyebar dan sinar matahari efektif menembus tanaman. Lubang tanam yang telah dibuat kemudian didiamkan/dikosongkan selama tiga sampai satu minggu, hal ini dilakukan dengan maksud agar gas – gas beracun dalam tanah akan hilang sehingga tanaman akan tumbuh dengan oftimal. Penanaman dilakukan setelah lubang terlebih dahulu dikosongkan dengan posisi menghadap matahari pagi serta bentuk penanaman berbentuk kerucut/donat hal ini dimaksudkan untuk menghindari genangan air pada sekitar lubang tanaman. Tahap akhir dari proses penanaman adalah penyiraman dengan air disekitar tanaman sebanyak -+10 liter air.

  1. Pemeliharaan Tanaman Durian
  • Pengairan

Pada masa awal pertumbuhan tanaman durian, setiap tanaman membutuhkan air sebanyak 10 – 20 liter perhari. Cara penyiraman agar tidak terjadi genangan yang mengakibatkan kelembaban tanah serta busuk akar maka cara yang ideal adalah dilakukan 2 hari sekali atau tergantung kondisi tanah dan cuaca, penyiraman paling baik pada pagi hari cara ini dilakukan pada masa awal pertumbuhan sampai tanaman lewat masa pertumbuhan (satu bulan). Penyiraman selanjutnya dilakukan minimal satu minggu sekali. Penyiraman rutin dilakukan terutama pada saat musim kemarau.

  • Penyiangan

Secara rutin tanaman durian harus dibersihkan dari rumput yang terdapat dibawah tajuk. Cara pembersihan rumput harus menghindari tertutupnya akar mayang yang muncul dipermukaan tanah. Apabila bamnyak akar mayang yang terputus maka akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat atau stress, maka cara yang ideal yaitu dengan cara mencabut rumput atau memangkas rumput tidak sampai mengenai tanah serat dengan menimbun tanah atau pupuk kandang dibawah tajuk tanaman. Selain dari pada itu tanaman durian harus terbebas dari tanaman lain yang menghalangi sinar matahari.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk membentuk pohon agar memiliki percabangan yang seimbang dan kuat. Pemangkasan ini dilakukan pada saat tanaman menginjak umur 1,5 tahun dimana tanaman mulaili memiliki percabangan yang banyak. Pemangkasan pertama dilakukan pada cabang pertama dan kedua yang mengarah ke tanah. Hal ini dilakukan agar batang tidak terlindungi oleh cabang yang berdaun lebat sehingga sinar matahari masuk dan terhindar dari kelembaban, pemangkasan kedua dilakukan pada saat setelah panen buah. Pada saat itu akan tumbuh tunas – tunas baru yang tak beraturan. Tunas – tunas tersebut jika dibiarkan akan mengganggu sinar matahari masuk. Untuk itu maka perlu dilakukan pengurangan tunas – tunas yang tidak produktif.

  • Pemupukan

Pemupukan tanaman durian dapat menggunakan pupuk organik. Pada masa awal pertumbuhan tanaman diberi pupuk yang mempunyai kandungan nitrogen dan fosfor yang tinggi, pemberian pupuk organik atau pupuk kadang pertamakali bersamaan dengan penanaman sebanyak satu karung (30 kg). pemberian pupuk kandang diulang setahun sekali , pemupukan diberikan pada akhir misim hujan atau awal musim kemarau ,adapun cara pupuk kandang adalah dengan cara ditaburkan dibawah tajuk dalam tanaman. Hal yang sangat penting dalam perlakuan pupuk organik yaitu adalah dengan pemberian unsur kalsium tinggi(Cals). Karena unsur ini sangat berguna dalam hal memprotek tanaman dari segala kondisi, memberikan kemudahan penyerapan unsur makro dan mikro, dan sebagai penetralisir tanah.

Kemudian pemupukan dengan pupuk anorganik pemberianya dapat dilakukan dengan cara dibenamkan kedalam disekeliling tanaman. Pembenaman dapat dilakukan dengan cara menggali tanah membentuk parit mengelilingi pohon dibawah tajuk terluar tanaman. Pemberian pupuk anorganik pertamakali dilakukan pada saat tanaman berumur dua bulaln (setelah tanam),Pemupukan ini diulang setiap 6 bulan. Pemupukan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai pada tahun ketiga ditujukan untuk pertumbuhan tanaman, pada masa ini pilihan pupuk NPK dengan kadar N tinggi.Setelah menginjak tahun ketiga, selain untuk pertumbuhan, pemupukan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bunga, sebagai patokan pemberian pupuk anorganik yaitu NPK adalah sebagai berikut :

Pemupukan pertama yaitu dua bulan setelah tanaman dengan pupuk Urea, SP, KCL,dengan perbandingan 4 bagian urea, 2 bagian SP, 1bagian KCL, (4:2:1). Dosisnya 250 gram pertanaman dan seterusnya 750 gram s/d 2kg.

Setelah memasuki masa produktif + umur 3 tahun tanaman durian dipupuk NPK pembuahan yaitu NPK 15 – 15 – 15 atau NPK 16 – 16 – 16 apabila mencampur sendiri menggunakan pupuk Urea, SP, KCL, dengan perbandingan 2 bagian Urea, 4 bagian SP, 1 bagian KCL (2:4:1) dosis 2 kg pertanaman .

Untuk memperbaiki kualitas buah yang lebih baik (mempertahankan kualitas buah) diberikan KnO3 sebelum masa pembuangan.

Pemberian pupuk anorganik NPK setelah berbuah cukup 1 kali setahun yaitu sebelum berbunga. Untuk lebih detail lihat pada lampiran mengenai program pemupukan.

  • Penyemprotan Formula

Untuk membantu pertumbuhan tanaman dan pencegahan terhadap hama serta penyakit maka harus dilakukan penyemprotan dengan dosis yang seimbang secara rutin dilakukan setiap bulanya minimal dua kali atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanya, penyemprotan dilakukan pada pagi hari dan disemprot secara merata kedalam daun dan batang tanaman, berikut ini akan dijelaskan tentang pembuatan formula penyemprotan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Tahap usia pertumbuhan, (ukuran Untuk Kebutuhan Volume Air 15 Liter )

*.Tahap Usia Pertumbuhan

– Insektisida Curacron 20 cc

– Fungisida To fresh/Dithane 30 gram

– Zat Tumbuh Atonik 30 gram

– Pupuk Daun 40cc

– Perekat Agristik 10 cc

*. Tahap Usia Produktif : (ukuran untuk kebutuhan volume air 15liter)

– Insektisida Curacron 20 cc

– Fungisida To fresh/Dithane 20 gram

– Pupuk daun 40 cc

– Perekat Agristik 10 cc

*. Tahap tanaman berbuah

– Insektisida Curacron 20 cc

– Fungisida To fresh/Dithane 20 gram

– Asam Amino 40 cc

– Pupuk Daun 40 cc

– Perekat Agristik 10 cc

  1. Hama dan Penyakit tanaman Durian

Penanggulangan hama dan penyakit merupakan hal yang sangat penting dalam usaha tani tanaman durian. Oleh karena serangan hama dan penyakit dapat menurunkan produksi dan kualitas buah, bahkan dapat mematikan tanaman durian. Penanggulangan hama dan penyakit dapat dilakukan seperti mencegah masuknya hama dan penyakit ke lokasi kebun dengan karantina bibit. Memusnahkan tanaman, mengsanitasi kebun dengan baik. Menanam tanaman pelindung untuk mengalihkan serangan hama dan penyakit.

  1. Hama Tanaman Durian
  2. Penggerek batang,Batocera Naminator, Xylentus Lenconotus, Lamzera Coffeae, Menyerang tanaman dengan membuat lubang pada batang, dahan dan ranting. Ciri-ciri serangan penggerek tersebut ditandai dengan adanya lubang yang disertai kotoran dan cairan berwana merah dari bekas kayu yang diserang penggerek, akibat serangan tersebut tanaman menjadi layu, daun – daun kering dan rontok akhirnya tanamanpun mengalami kematian.

Pengendalian terhadap penggerek batang antara lain dengan cara sebagai berikut :

– Menjaga sanitasi kebun dengan cara memusnahkan rumput – rumputan, gulma, tanaman inang, dan daun – daun durian yang sudah rotok.

– Memotong dan memusahkan batang dan ranting yang terkena serangan hebat.

– Menutup bekas lubang penggerek dengan kapas yang sudah diberi insektisida sistemik.

– Menyuntik tanaman dengan menggunakan insektisida sistemik melalui akar atau daun.

  1. Kutu Loncat

Kutu loncat umumnya menyerang daun yang masih muda dengan cara menghisap cairannya. Gejala yang ditimbulkanya secara langsung adalah daun berwarna berbintik – bintik berwarna kecoklatan. Daun keriting berlubang, dan berukuran tidak normal / kerdil. Hama ini berukuran kecil, warnanya cokelat dan diselimuti benang – benang lilin berwarna putih sebagai hasil sekresinya. Pengendalian kutu loncat dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida sistemik seperti : Curacron, Dursban, dll dengan konsentrasi 0,2 %.

  1. Kutu Putih

Hama kutu putih (Psendococus sp.) berbentuk bulat kehijauan dan tumbuhnya diselimuti oleh lapisan lilin agak keputihan. Kutu ini menyerang tanaman durian dengan menghisap cairan daun, hama ini juga menyerang penyakit embun jelaga. Kotoranya yang manis mengundang semut sehingga penyebaranya mengikuti semut. Akibat serangan kutu putih daun menjadi keriting dan merana. Bunga dan buah dapat mengalami kerontokan pemberantasan kutu putih harus sekaligus dengan embun jelaga dan semut yang menjadi sarana penyebaranya pemberantasan dapat dapat menggunakan insektisida dan akarisida.

  • Penyakit Tanaman

-. Kanker Batang dan Mati Pucuk

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phitophihora palmifora adalah penyakit yang cukup ganas dengan tingkat kematian hingga 50 %. Tanda – tanda yang terkena kanker adalah adanya luka yang mengeluarkan lendir berwarna merah pad kulit batang bagian bawah dekat tanah. Serangan yang hebat membuat batang menjadi busuk, kayunya terbuka dan berwarna merah kecoklatan berbintik merah dan atau ungu, bila serangan semakin mengganas tanaman dapat mati cendawan ini biasanya menyerang tanaman yang digunakan untuk batang bawah pengendalianya selain dengan menggunakan sanitasi kebun, memperlebar jarak tanam, menekan gulma, memangkas tanaman, dapat juga menyemprotkan fungisida (Benlate) pada tanaman atau dengan mengoleskan pada batang yang terluka lalu menutupnya dengan parafin.

-. Busuk Akar

Penyakit busuk akar dapat menyerang tanaman dewasa maupun yang masih bibit. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pyhium vekans. Serangan ditandai dengan bercak nekrotik yang berawal dari ujung akar lateral. Jika akar dibedah pada bagian korteks akan terlihat warna cokelat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak cokelat. Penyakit busuk akar selain disebabkan oleh Phytmum Vexans dapat juga oleh Fisarium sp. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian langsung pada tanaman durian. Penanggulanganya dengan menyemprotkan fungisida dengan bahan aktif : metalaxyl, fosetyl alumunium, atau etridiazole tanaman yang sudah terserang dan mati sebaiknya dibakar dan bekas lubangnya diberi kapur, pencegahan dapat dilakukan dengan pada musim hujan system drainase kebun diperbaiki agar tidak terjadi genangan air yang dapat membusukan akar.

-. Bercak Daun

Penyebab terjadinya penyakit bercak daun adalah cendawan colletotrichun durionis. Gejala serangan ditandai dengan timbulnya bercak – bercak besar kering pada daun tanaman yang akhinya menjadi lubang, serangan ini dapat menyebabkan terganggunya fotosintesis pada daun, pengendalian bercak daun dapat dilakukan dengan memotong bagian tanaman yang terserang atau dengan menyemprotkan fungisida yang berbahan aktif tembaga.

-. Jamur Umpas

Penyakit ini disebabkan oleh jamur umpas (Pink disease). Gejala yang ditimbulkan yaitu munculnya cairan berwarna kuning pada bagian batang yang terserang dan diselimuti dengan benang – benang jamur berwarna metalik seperti sarang laba – laba. Pada kelembaban yang tinggi benang – benag tersebut akan berubah warna menjadi merah muda (Pink). Serangan jamur umpas ini dapat mengakibatkan kematian cabang, penanggulanganya dengan mengoleskan fungisida berbahan aktif tembaga pada bagian yang terserang. Mengurangi kelembaban diareal penanaman, memotong bagian yang terserang, dan menyemprot tanaman dengan fungisida seperti : Ditane M-45, dll.

– Busuk Buah

Penyakit busuk buah disebabkan oelh cendawan Phytophhthora palmivora. gejala serangan terlihat adanya bercak – bercak basah berwarna cokelat kehitaman pada kulit buah. Setelah beberapa lama buah akan busuk basah pada bagian yang terserang akan terbentuk miselium dan spogaria berwarna putih. Penanggulamgan penyakit ini selain dengan menyemprotkan fungisida juga dibarengi dengan penyemprotan insektisida untuk membunuh serangga dan siput yang menjadi vektornya. Buah yang telah diserang harus dibuang.

  1. Tahap Masa Panen

Pada umumnya durian lokal akan berbuah pada umur 8 – 10 tahun, kemudian durian genjah seperti monthong dan chanee akan berbuah pada umur 4 – 5 tahun sejak tanam, masa panen ini berlaku dengan catatan bibit menggunakan sambung pucuk atau okulasi, pada umumnya buah durian akan mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Untuk Janis monthong waktu petik yang tepat adalah 125 – 135 hari. Lalu jenis chanee 110 – 160 hari setelah bunga mekar.

Selain patokan waktu sejak bunga mekar, waktu petik juga dapat dilakukan berdasarkan tanda – tanda fisik pada buah sebagai berikut :

– Ujung duri berwarna cokelat tua

– Garis –garis diantara duri berwarna lebih jelas

– Tangkai buah lunak dan muda dibengkokan

– Ruas – ruas ditangkai buah membesar

– Buah baunya harum yang khas

– Terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah di pukul

Pemetikan buah / panen bila hendak di konsumsi langsung bisa dilakukan setelah matang 100 % (buah akan jatuh sendiri). Bila panen bertujuan untuk komersial dengan pengangkutanjarak jauh (eksport). Pemetikan sebaiknya dilakukan pada tingkat kematangan 80 % akan diperoleh 100 hari sejak bunga mekar, durian pada tinggakat kematangan ini dapat disimpan 2 – 3 minggu. Alat yang digunakan untuk memetik buah durian dapat menggunakan pisau atau galah berpisau. Yang dipotong adalah tangkai buah yang dekat pangkal batang, kemudian buah jangan sampai jatuh agar tidak merusak buah durian.

Demikianlah informasi tentang Cara Budidaya Durian Musang king Agar Berbuah dengan cepat yang dapat kami, semoga bermanfaat.

 

Manfaat Buah Kelengkeng Merah Untuk kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng Merah Untuk Kesehatan

Kelengkeng merah atau sering disebut kelengkeng Ruby Longan merupakan varietas tanaman buah kelengkeng varietas yang paling terbaru dan mutakhir dan masih satu turunan dengan kelengkeng Aroma Durian. Kelengkeng merah adalah jenis buah kelengkeng yang unik dengan warna merah . Ukuran buah kelengkeng merah hampir lebih besar dibandingkan dengan jenis buah kelengkeng lainnya. Buah Kelengkeng Merah memiliki ukuran buah berdiameter antara 1.5cm hingga 3cm. Buah ini memiliki bagian kulit buah yang berwarna merah. Selain memiliki kulit yang eksotis dan daging buahnya juga tebal, buah kelengkeng merah  memiliki rasa yang sangat manis di dalamnya. Bahkan tingkat kemanisan mencapai level 21 briks. Lebih manis dibandingkan dengan lengkeng jenis King Long.

Selain memiliki rasa yang manis ternyata kelengkeng Merah ini memiliki banyak manfaat Untuk kesehatan anda. Sama seperti buah kelengkeng lainnya, Buah Kelengkeng Merah mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin. Buah menarik ini mengandung banyak kandungan zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, niasin, mangan, kalsium, thiamine, protein, serat, riboflavin, mineral, karbohidrat, dan kalori. Semua gizi tersebut merupakan gizi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda agar menjadi lebih sehat serta tahan terhadap penyakit. Dan Manfaat Buah Kelengkeng Merah Untuk Kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Baik untuk organ pencernaan

Khasiat kelengkeng merah lainnya yang berkaitan dengan pencernaan Anda yaitu menyehatkan organ pencernaannya, termasuk usus. Anda bisa mencoba buah ini untuk dikonsumsi setiap hari jika sering mengalam mulas.

  • Mencegah radikal bebas

Khasiat kelengkeng merah untuk jangka panjang salah satunya adalah mencegah efek buruk dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah ini dengan rutin, tubuh Anda bisa terbebas dari efek negative radikal bebas yang berbahaya.

  • Anti stress

Khasiat kelengkeng merah selain menyehatkan fisik, juga dapat membantu menyehatkan psikis Anda. Buah ini dapat membantu Anda untuk lebih rileks dan terbebas dari stress yang dapat menyebabkan depresi.

  • Memperlancar aliran darah

Buah Kelengkeng/ lengkeng Merah 150cm Unggul untuk kesehatan Anda juga mempengaruhi peredaran darah. Buah ini bermanfaat untuk membuat aliran darah ditubuh Anda menjadi lebih lancar. Darah yang menyebar ke seluruh tubuh dengan lancar merupakan salah satu ciri tubuh yang sehat.

  • Menyehatkan jantung

Khasiat kelengkeng merah yang pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Buah ini mampu menjadi buah yang dapat membuat jantung lebih sehat dari dalam. Syaratnya, Anda perlu mengonsumsinya dengan rutin.

  • Sumber buah sehat

Khasiat Buah Kelengkeng Merah 70cm Unggul dapat menjadi sumber makanan sehat, terutama dari jenis buah. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang kuat serta tidak mudah terkena penyakit, Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan teratur.

  • Sumber makanan berenergi

Buah kelengkeng merah walaupun tidak berukuran besar seperti buah semangka atau melon, memiliki khasiat yang tidak kalah dari buah berukuran besar lainnya. Buah ini bisa menjadi sumber makanan yang akan memberikan energy pada tubuh Anda.

  • Obat herbal diare

Diare merupakan jenis penyakit yang diakibatkan dari banyaknya kuman yang masuk ke dalam pencernaan Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakan buah kelengkeng merah untuk membunuh kuman penyebab diare.

  • Meningkatkan nafsu makan

Buah kelengkeng merah dapat menjadi buah yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Jika Anda tidak memiliki nafsu makan yang normal, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah ini terlebih dahulu.

  • Mengobati peradangan

Jangan panik jika radang muncul di tubuh Anda. Konsumsilah makanan yang dapat membantu meredakannya, salah satunya adalah dengan memakan buah kelengkeng merah. Kandungan buah ini cocok untuk mengobati peradangan

Demikian artikel Manfaat Buah Kelengkeng Merah yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat